Logo Bloomberg Technoz

Trump Serahkan Diri untuk Kasus Pembatalan Hasil Pemilu 2020

News
25 August 2023 07:30

Donald Trump (Sumber: Bloomberg)
Donald Trump (Sumber: Bloomberg)

Erik Larson - Bloomberg News

Bloomberg, Donald Trump menyerahkan diri di Lapas Fulton County, Atlanta, untuk dikenakan tuntutan atas dugaan konspirasi membatalkan hasil pemilihan presiden 2020 di Georgia. Ini merupakan kali keempat dia diproses sebagai terdakwa pidana tahun ini.

Penyerahannya dirinya  Kamis (24/08/2023) dilakukan setelah Jaksa Distrik Fulton County, Fani Willis, memerintahkan mantan presiden AS tersebut dan 18 orang lainnya yang diduga terlibat untuk menyerahkan diri pada atau sebelum 25 Agustus atau akan ditangkap. Trump sebelumnya menyetujui jaminan sebesar US$200.000. Sidangnya diperkirakan digelar pada awal bulan depan.

Sebelum pesawat pribadi Trump berangkat dari New Jersey pada Kamis, dia mengungkapkan kekesalannya pada Willis dan kota Atlanta melalui media sosial. Dia juga menyatakan bahwa ada bukti "TIDAK BISA DIBANTAH" bahwa pemilihan itu dimanipulasi. Baik Trump maupun orang-orangnya tidak pernah memberikan bukti tersebut. Pejabat Partai Republik di Georgia dan dalam pemerintahan Trump sendiri semua menyimpulkan bahwa pemilihan itu adil.

Willis mengajukan tuntutan pada 14 Agustus, dengan tuduhan mereka melanggar hukum Georgia dengan berpartisipasi dalam "usaha kriminal" untuk mempertahankan jabatan Trump setelah dia kalah dalam pemilihan. Jaksa distrik tersebut mengatakan bahwa semua terdakwa akan disidang mulai secepatnya pada 5 September di Atlanta.