Logo Bloomberg Technoz

Kemungkinan The Fed akan mempertahankan suku bunga acuan di 5,25-5,5% dalam rapat bulan depan. Peluangnya adalah 81%, menurut CME FedWatch. Hingga akhir tahun, Federal Funds Rate diperkirakan masih bertahan di situ, tidak naik lagi.

Tanpa sentimen kenaikan suku bunga, dolar AS menjadi kurang bertenaga. Terhentinya momentum penguatan dolar AS menjadi peluang bagi emas, karena dua aset ini memiliki hubungan yang berbanding terbalik.

Analisis Teknikal

Secara teknikal, harga emas sebenarnya masih dalam fase bearish. Terlihat dari skor Relative Strength Index (RSI) yang masih di bawah 50, tepatnya 47,49.

Namun, angka itu sudah dekat dengan ambang batas 50. Artinya, mungkin tidak lama lagi harga emas bisa masuk zona bullish, butuh sedikit lagi kenaikan.

Bicara kenaikan, peluang itu cukup terbuka. Berdasarkan pendekatan Moving Average (MA), target kenaikan atau resisten terdekat ada di US$ 1.916,97/ons. Jika tertembus, maka ada peluang naik lagi menuju US$ 1.932,53/ons.

Sementara target koreksi atau support terdekat ada di US$ 1.909,02/ons. Jika tertembus, maka harga bisa turun lagi sampai US$ 1.901,85/ons.

(aji)

No more pages