Logo Bloomberg Technoz

Tiru KPop, Anies Baswedan Klaim Bisa Populerkan Budaya Indonesia

Pramesti Regita Cindy
24 August 2023 20:40

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat ditemui di kawasan Lebak Bulus, Kamis (3/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat ditemui di kawasan Lebak Bulus, Kamis (3/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Budaya Korea Selatan yang dikenal sebagai Korean Pop atau K-Pop mampu menyebar ke seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir. Budaya musik, entertaimen, hingga kuliner Negeri Ginseng ini sangat digandrungi masyarakat lintas negara, terutama kelompok usia muda.

Bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan mengatakan, perkembangan budaya KPop di dunia adalah buah dari investasi besar dan panjang Pemerintah Korea Selatan sejak awal 1990an. Menurut dia, Korea Selatan mengeluarkan sejumlah kebijakan yang mendukung perkembangan kebudayaan populer negeri tersebut.

Secara perlahan, industri musik dan film asal Korea Selatan mulai menyebar di dunia. Dua pintu tersebut berhasil membawa masyarakat dunia mulai mengenali Negeri Gingseng secara lebih luas. Kini, mayoritas anak muda mengenal dan menggemari pakaian tradisional, sejarah negara, lokasi-lokasi wisata, hingga kuliner khas Korea Selatan. 

"Ini adalah contoh konkret, dampak bila negara serius investasi di bidang kebudayaan," kata bakal Capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan tersebut di Taman Ismail Marzuki Jakarta, Kamis (24/8/2023). 

Hingga saat ini, kata Anies, penyebaran budaya Korea Selatan sudah memiliki berbagai aktivitas turunan yang secara lebih detil memperkenalkan negeri di semenanjung tersebut. Korea Selatan bahkan mampu menjadi pusat baru sejumlah tren dunia yang sebelumnya lebih banyak dikuasai negara Eropa dan Amerika Serikat; seperti dari musik, fashion, hingga film.