Logo Bloomberg Technoz

"Prigozhin yang penuh semangat, energik, dan penuh ide tidak diragukan lagi merupakan isu yang sedang berjalan bagi rezim ini, yang menggambarkan penghinaan politik Putin," kata Tatiana Stanovaya, pendiri konsultan politik R.Politik. "Bagi sebagian besar masyarakat yang terpolitisasi dan konservatif, kematian Prigozhin adalah hasil yang pantas."

Putin tetap melanjutkan aktivitasnya pada hari Kamis (24/8/2023), dengan berbicara dalam pertemuan negara-negara BRICS di Afrika Selatan melalui sambungan video. Dia sama sekali tidak menyebutkan Prigozhin.

Presiden Rusia ini sudah melakukan persiapan untuk mengamankan masa jabatan kelima pada pemilu Maret 2024. Persiapan itu dilakukan dengan banyaknya kalangan elit yang yakin Putin telah mendapatkan kembali otoritasnya, dan kembali menunjukkan kekuatannya setelah berbulan-bulan dilanda kebingungan atas dampak politik dari pemberontakan Wagner.

Namun, tentu saja tidak semua orang dalam kalangan elit Rusia merasa optimis tentang kejatuhan Prigozhin. Tewasnya bos Wagner itu justru memperdalam rasa takut, karena insiden ini menunjukkan tidak ada satu pun orang yang aman di Rusia saat ini.

Sementara para penyelidik Rusia sedang menyelidiki kecelakaan tersebut, masih banyak pertanyaan yang belum terjawab. Beberapa kalangan elit bahkan meragukan apakah Prigozhin telah memalsukan kematiannya, dan mengatakan bahwa mereka ingin menunggu tes DNA untuk memastikan bahwa pemimpin Wagner itu ada di pesawat.

Masih belum jelas siapa yang akan mengambil alih ribuan tentara Wagner setelah Prigozhin dan orang nomor dua dalam organisasi tersebut, Dmitry Utkin, terdaftar sebagai penumpang pesawat.

Hal ini juga menimbulkan pertanyaan tentang masa depan operasi besar Wagner di Afrika, serta nasib uang berjumlah besar yang diperoleh kelompok tersebut. Orang paling penting ketiga yang terdaftar oleh otoritas penerbangan Rusia sebagai penumpang pesawat, Valeriy Chekalov, bertanggung jawab atas keuangan operasional Wagner.

Banyak pejuang Wagner pindah ke Belarus di bawah kesepakatan yang dicapai oleh Prigozhin untuk mengakhiri pemberontakan di Moskow. Kehadiran mereka telah meningkatkan ketegangan dengan negara-negara Baltik dan Polandia, yang mengirim pasukan ke perbatasan dengan Belarus di tengah meningkatnya kekhawatiran terkait keamanan.

Menurut Sviatlana Tsikhaonouskaya, pemimpin oposisi di pengasingan di Belarus, dalam wawancara dengan Bloomberg TV pada Kamis, mengatakan kematian Prigozhin mungkin akan melemahkan atau bahkan membubarkan keberadaan kelompok tersebut di Belarus.

Putin telah berusaha memulihkan otoritasnya yang terguncang di dalam negeri sejak pemberontakan tersebut, di tengah kemarahan kaum nasionalis yang meningkat atas invasi Rusia yang terhenti di Ukraina. 

Sementara Prigozhin telah mendapatkan banyak pengikut karena secara terang-terangan menyerang para perwira militer di media sosial, menuding mereka menghambat upaya perang.

Bahasa kasar Prigozhin membuatnya populer di kalangan banyak warga Rusia biasa, dan dia disambut di jalanan kota selatan Rostov-on-Don pada akhir pemberontakannya yang singkat. Kesediannya untuk mengunjungi dan berbicara dengan keluarga pejuang Wagner yang telah meninggal dunia sangat kontras dengan sikap Putin dan pejabat tinggi lainnya.

Prigozhin juga populer di kalangan sebagian anggota militer, yang setuju dengan kritiknya terhadap pelaksanaan perang di Ukraina. 

Kecelakaan pesawat itu terjadi sehari setelah terungkap bahwa Sergei Surovikin, seorang jenderal tinggi yang dipuji oleh Prigozhin, telah dicopot dari jabatannya sebagai wakil komandan operasi di Ukraina setelah diinterogasi oleh pejabat keamanan tentang keterkaitannya dengan Wagner.

Pemimpin Wagner itu sebelumnya telah menuntut pemecatan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu, sekutu dekat Putin, dan Kepala Staf Pertahanan Valery Gerasimov. Akan tetapi, Putin membela dua orang tersebut, menegaskan bahwa kesetiaan mereka kepadanya adalah hal yang terpenting. Bahkan di tengah kritik terhadap kinerja militer di Ukraina.

"Putin memberi isyarat terkait apa yang akan terjadi pada siapa pun yang berani menentang rezim atau tidak patuh," kata Maria Snegovaya, peneliti senior Program Eropa, Rusia, dan Eurasia di Pusat Studi Strategis dan Internasional. "Ini adalah sinyal yang kuat, dan sengaja dilakukan dalam skala besar. Ledakan tersebut emmberikan efek demonstrasi."

Secara politis, Putin menghilangkan semua kritik terhadap kinerja Rusia dalam perang, "dan telah menunjukkan kepada semua orang bahwa dia sepenuhnya mengontrol situasi," kata Andrei Soldatov, seorang ahli tentang layanan rahasia Rusia. "Jika memang Prigozhin terbunuh dalam kecelakaan itu, berarti Putin adalah pemain yang berdarah dingin."

Di luar negeri, pejabat di AS dan Eropa juga tidak terlalu terkejut bahwa Prigozhin mungkin menjadi target pembunuhan. "Saya tidak tahu dengan pasti apa yang terjadi, tetapi saya tidak terkejut," kata Presiden Joe Biden kepada wartawan.

"Sistem Rusia saat ini, Rusia-nya Putin, dibangun di atas kematian dan penderitaan," kata Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock pada hari Kamis dalam wawancara dengan radio Deutschlandfunk. "Kita harus khawatir bahwa Rusia, dengan atau tanpa Wagner, akan terus bermain secara sinis, tidak hanya di Ukraina tetapi juga di Afrika."

--Dengan asistensi dari Iain Rogers.

(bbn)

No more pages