Logo Bloomberg Technoz

Putin Memperkuat Basis Kekuasaan Usai Tewasnya Bos Wagner

News
24 August 2023 21:20

Yevgeny Prigozhin, pemimpin kelompok Grup Wagner (Sumber: Bloomberg)
Yevgeny Prigozhin, pemimpin kelompok Grup Wagner (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Kecelakaan pesawat yang diduga menewaskan pendiri Wagner, Yevgeny Prigozhin, mengembalikan reputasi Vladimir Putin sebagai pemimpin Rusia yang tak tertandingi bagi banyak elit di negara tersebut. Meskipun, penyebab insiden kecelakaan itu kemungkinan tidak akan pernah sepenuhnya terungkap.

Kecelakaan tersebut telah menghilangkan sosok yang mencari impunitas setelah memimpin pemberontakan yang mengancam kekuasaan presiden Rusia. Menurut empat orang sumber yang dekat dengan pemerintah, tewasnya Prigozhin merupakan faktor stabilisasi yang kuat bagi rezim Putin karena insiden ini menunjukkan siapa pun yang menentangnya akan berakhir dengan buruk.

Banyak kalangan elit Rusia terkejut karena Putin gagal untuk segera menghukum Prigozhin setelah pemberontakan pada Juni, yang telah dia kecam sebagai pengkhianatan. Kecelakaan yang menewaskan 10 orang di pesawat jet pribadi yang melakukan perjalanan dari Moskow ke St. Petersburg pada Rabu (23/8/2023) terjadi persis dua bulan setelah pemberontakan yang menurut presiden telah membawa Rusia ke ambang "perang saudara".