Logo Bloomberg Technoz

Hong Kong Larang Impor Jepang, Harga Produk Laut Bersiap Melonjak

News
24 August 2023 20:20

Suasana Masyarakat di Hong Kong. (Dok. Bloomberg)
Suasana Masyarakat di Hong Kong. (Dok. Bloomberg)

Ka Ho Cheuk, Kari Lindberg dan Linda Lew - Bloomberg News

Bloomberg, Restoran-restoran di Hong Kong sedang merombak rantai suplai mereka setelah pemerintah melarang impor produk-produk perikanan dari sejumlah wilayah Jepang. Pembatasan ini sejalan dengan Beijing, meskipun produk-produk tersebut dijamin aman untuk dikonsumsi.

Hong Kong akan melarang pembelian produk-produk perikanan dari 10 prefektur di Jepang, termasuk Tokyo, seiring dengan dimulainya pembuangan air limbah pembangkit listrik nuklir Fukushima yang hancur ke Samudra Pasifik. Proses ini telah dimulai pada Kamis (24/8/2023) pukul 13.00 waktu setempat. Pelanggaran terhadap pembatasan tersebut diancam dengan hukuman penjara hingga satu tahun.

Para pejabat Hong Kong mengatakan bahwa pembatasan ini diperlukan untuk melindungi keamanan pangan. Pernyataan tersebut sejalan dengan China, yang juga mengkritik pembuangan limbah Jepang sebagai tindakan yang "egois dan tidak bertanggung jawab." Beijing telah lama membatasi impor makanan Jepang dari wilayah-wilayah tersebut, yang termasuk beberapa wilayah yang tidak memiliki akses ke laut.

Hong Kong larang impor produk-produk makanan dari sejumlah wilayah di Jepang. (Sumber: Bloomberg)

Masakan laut Jepang adalah bisnis besar bagi Hong Kong, yang mengimpor makanan laut dan kerang-kerangan senilai sekitar 75,5 miliar yen dari Jepang tahun lalu. Hal tersebut menjadikan kota ini sebagai pembeli terbesar kedua setelah China, yang melakukan pembelian senilai 87,1 miliar yen.