Logo Bloomberg Technoz

Liga Sepak Bola Wanita Spanyol Minta Luis Rubiales Dipecat

News
24 August 2023 18:05

Spanyol juara piala dunia wanita 2023. (Sumber: Bloomberg)
Spanyol juara piala dunia wanita 2023. (Sumber: Bloomberg)

Irene García Pérez and Macarena Muñoz-Bloomberg News

Bloomberg, Liga Sepak Bola Wanita Spanyol mengajukan laporan terhadap Presiden Federasi Bola Spanyol karena perilaku yang tidak pantas selama final Piala Dunia Wanita. 

Dalam sebuah pernyataan, Rabu (23/8/2023), Liga F (divisi pertama wanita Spanyol) meminta Dewan Olahraga Spanyol—sebuah lembaga pemerintah yang bertanggung jawab atas pengawasan federasi olahraga negara tersebut—untuk memecat Luis Rubiales dari jabatan Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol karena dianggap telah bersikap cabul saat di ruangan khusus selama pertandingan. Dia mencium salah satu pemain  di bagian bibir setelah Spanyol menang dan menghina jurnalis yang menanyakan terkait insiden tersebut setelah pertandingan.

“Memiliki atasan yang memegang kepala dan mencium bibir pemainnya, secara sederhana itu tidak dapat diterima,” kata perwakilan Liga F.

“Ini bukan hanya tentang ciuman. Ini tentang sikap yang sangat jauh dari nilai-nilai sosial kita. Sikap yang sudah tercatat dalam sejarah sepak bola dunia dan yang lebih mengkhawatirkan, selamanya akan dikaitkan dengan Tim Nasional Wanita kita,” tambahnya.