Logo Bloomberg Technoz

Tolak Kesepakatan dengan Kakao, Saham SM Entertainment Meroket

News
08 February 2023 14:16

Toko SM Entertainment di Seoul. (Sumber: Bloomberg)
Toko SM Entertainment di Seoul. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Saham SM Entertainment Co. melonjak ke rekor tertinggi setelah pendiri agensi K-pop dan pemegang saham terbesar itu bersumpah untuk memblokir penjualan saham baru ke raksasa internet Kakao Corp.

Saham agensi yang mengelola grup K-pop Girls' Generation dan Super Junior itu melonjak sebanyak 11%, menyentuh rekor tertinggi sepanjang masa sejak listing pada 2000, sebelum terjadi koreksi menjadi sekitar 4% pada siang hari di Seoul, Rabu (08/02/2023).

Lonjakan terjadi setelah sang pendiri Lee Soo Man, yang tidak lagi memegang posisi resmi di perusahaan, mengatakan akan mengambil tindakan hukum untuk menghentikan keputusan dewan dalam menjual saham baru dan obligasi konversi ke Kakao.

Kesepakatan itu akan menjadikan pemilik aplikasi pesan instan dan media sosial paling populer di Korea ini sebagai pemegang saham terbesar kedua di SM Entertainment.

Lee Soo Man memilih diam saat para aktivis menggalang dana untuk peluncuran kampanye pada musim gugur, guna meningkatkan keuntungan pemegang saham. Namun, dia angkat suara beberapa jam setelah kesepakatan Kakao diumumkan pada Selasa (08/02/2023).