Logo Bloomberg Technoz

Kasus Gagal Ginjal Anak, Pimpinan DPR Minta Pemerintah Tegas

Sultan Ibnu Affan
08 February 2023 17:07

Sufmi Dasco Ahmad, Wakil Ketua DPR RI. (Dok. Istimewa)
Sufmi Dasco Ahmad, Wakil Ketua DPR RI. (Dok. Istimewa)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Sufmi Dasco Ahmad meminta Komisi XI memperhatikan kasus Gangguan Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) yang kembali terjadi. Menurut dia, anggota dewan harus mendesak Kementerian Kesehatan segera menemukan cara agar kasus gagal ginjal anak tersebut tak lagi muncul.

“Ini bukan kejadian yang pertama. Kita juga minta kepada pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kesehatan menelaah dan mempelajari. Kemudian melakukan tindakan-tindakan yang dianggap perlu dan keras,” kata Dasco saat ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (7/2/2023).

Politikus Partai Gerindra ini menilai, strategi pencegahan kasus gagal ginjal anak tak bisa hanya dengan menarik sejumlah obat sirup dari peredaran di masyarakat. Toh, kata dia, pemerintah tak akan mampu menarik obat sirup tersebut yang sudah terlanjur menyebar hingga daerah pelosok. 

"Ini perlu jadi evaluasi, pemerintah butuh satu tindakan terukur dan tegas dalam hal mengantisipasi hal itu supaya nggak terjadi lagi,” kata Dasco.