Logo Bloomberg Technoz

Cukup Rp2, Hans Patuwo Miliki Saham GOTO

Mis Fransiska Dewi
24 August 2023 08:38

Ilustasi GOTO Gojek Tokopedia. (Dok: Perusahaan)
Ilustasi GOTO Gojek Tokopedia. (Dok: Perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Hans Patuwo, Direktur PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) sekaligus Presiden GoTo Financial, mengakumulasi sejumlah saham perusahaan. Aksi ini terkait program opsi saham karyawan dan konsultan, GoTo Peopleverse Fund.

Hans, berdasarkan keterbukaan informasi yang dikutip Kamis (24/8/2023), Hans mengkonversi haknya untuk 574,83 juta saham seri A. Ia mengeksekusi opsi tersebut di harga Rp2/saham. 

Artinya, nilai kepemilikan Hans atas saham GOTO saat ini setara sekitar Rp1,15 miliar dengan porsi kepemilikan 0,05%. Harga tersebut merupakan harga pelaksanaan per saham dari opsi saham yang dimiliki oleh Hans Patuwo.

Sebagaimana telah diungkapkan di dalam prospektus Penawaran Umum Saham Perdana atau initial public offering (IPO), sebagai bagian dari Program Opsi Saham Karyawan dan Konsultan, GoTo Peopleverse Fund (GPF), yang merupakan salah satu pemegang saham Perseroan, memberikan opsi saham kepada karyawan, konsultan, mantan karyawan, anggota Direksi dan Dewan Komisaris, termasuk kepada Hans Patuwo sebagai anggota Direksi Perseroan, dimana opsi saham tersebut memberikan hak kepada setiap pemegang opsi, untuk memiliki saham Perseroan yang dimiliki dan dikelola oleh GPF.

Selanjutnya, dengan tujuan untuk memiliki saham Perseroan dan investasi, Hans Patuwo telah melaksanakan opsi saham yang dimilikinya tersebut dengan cara memberikan pemberitahuan kepada GPF dan membayar harga pelaksanaan kepada GPF.