Logo Bloomberg Technoz

AS Membaik dengan Venezuela, Iran, Harga Minyak Dunia Turun

News
24 August 2023 05:40

Ilustrasi produksi minyak (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi produksi minyak (Sumber: Bloomberg)

Julia Fanzeres - Bloomberg News

Bloomberg, Harga minyak dunia turun seiring tanda-tanda perbaikan hubungan AS dengan negara-negara produsen minyak yang dikenai sanksi, Iran dan Venezuela. Hal ini mengurangi ekspektasi ketatnya suplai minyak global.

West Texas Intermediate (WTI) turun di bawah US$79, mencapai harga penutupan terendah dalam lebih dari sebulan. Pemerintahan Presiden AS Joe Biden sedang dalam pembicaraan dengan Venezuela untuk kemungkinan pelonggaran sanksi yang telah menghambat penjualannya jika negara tersebut mengadakan pemilu yang lebih bersih.

Sementara itu, ekspor dari Iran meningkat bulan ini karena upaya diplomasi dengan AS tampaknya meredakan tekanan pada negara Timur Tengah tersebut.

Laporan persediaan minyak AS yang bullish menunjukkan bahwa pasokan tetap ketat meski ada kekhawatiran tentang perlambatan permintaan. Inventaris AS berkurang hingga titik terendah sejak Desember 2022, sementara stok di pusat penyimpanan terbesar negara di Cushing, Oklahoma, mengalami penurunan terbesar sejak Oktober 2021.