Logo Bloomberg Technoz

Indonesia Akan Punya 24 Helikopter Black Hawk Baru

Whery Enggo Prayogi
23 August 2023 20:45

Menhan Prabowo Subianto menyaksikan penandatanganan pengadaan helikopter Sikorsky S-70M Black Hawk. (Dok. Kemhan)
Menhan Prabowo Subianto menyaksikan penandatanganan pengadaan helikopter Sikorsky S-70M Black Hawk. (Dok. Kemhan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indonesia akan menambah armada pertahanan dengan mendatangkan helikopter Black Hawk, lewat kerja sama industri pertahanan dengan pemerintah Amerika Serikat (AS).

Kesepakatan mendatangkan 24 helikopter Sikorsky S-70M Black Hawk tercetus lewat penandatanganan perjanjian kerja sama atau head of agreement (HOA) itu dilakukan antara Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia (Persero) atau PTDI Gita Amperiawan dan Vice President of Global Business Development Sikorsky, Lockheed Martin, Jeff White, Rabu (23/8/2023).

“Kerja sama ini akan dapat menambah kekuatan TNI sekaligus memperkuat industri pertahanan,” kata Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang ikut menyaksikan penandatanganan.

Lewat penambahan Armada, Direktur Utama PTDI Gita Amperiawan mengatakan perseroan akan terus mengembangkan aktivitas yang diperlukan untuk membawa Black Hawk ke Indonesia.

“Kami yakin kerja sama strategis antara PTDI dan Sikorsky ini akan menghasilkan nilai tambah yang diperoleh atas kemampuan PTDI dalam integrasi, kustomisasi, modifikasi dan peningkatan sistem untuk penyelesaian helikopter,” kata dia.