Logo Bloomberg Technoz

Cerita ‘Raja’ Situs Properti Rumah.com yang Harus Gulung Tikar

Whery Enggo Prayogi
23 August 2023 18:00

Ilustrasi Rumah.com. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Ilustrasi Rumah.com. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rumah.com harus menutup operasinya di Indonesia per 30 November 2023. Keputusan dari sang investor, PropertyGuru, ini menjadi tanda tanya besar. Apakah keberlangsungan salah satu situs pasar properti terbesar di Indonesia ini hanya sampai di sini?

Jika merefleksi ke belakang, Rumah.com mengeklaim sebagai situs terdepan dalam jual beli properti. Dalam keterangan resminya, perusahaan mengaku berkontribusi 25% terhadap pangsa pasar Indonesia.

Rumah.com juga menjadi bagian dari PropertyGuru, salah satu perusahaan teknologi yang fokus pada industri properti di Asia Tenggara. Saat booming internet di situs jejaring seperti Rumah.com banyak bermunculan, perusahaan bisa bertahan dari persaingan.

Dalam perjalanannya, Rumah.com mengakuisisi salah satu kompetitor, RumahDijual.com. Klaim perusahaan atas pembelian ini membuat Rumah.com menguasai 43% pasar properti daring di Indonesia.

“Kombinasi Rumah.com dan RumahDijual menguasai 43% pasar properti online Indonesia. Hampir dua kali lipat pesaing terdekat,” tulis Rumah.com dalam rilis resminya akhir 2015.