Logo Bloomberg Technoz

Langit Berkabut, Polusi Udara Jakarta Makin Buruk Siang Ini

Fransisco Rosarians Enga Geken
23 August 2023 14:35

Polusi Udara Kota Jakarta, Rabu, 23 Agustus 2023. (Bloomberg Technoz/Houtman Saragih)
Polusi Udara Kota Jakarta, Rabu, 23 Agustus 2023. (Bloomberg Technoz/Houtman Saragih)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kabut berwarna abu-abu menyelimuti langit Kota Jakarta, Siang ini. Tebalnya kabut juga membatasi jarak pandang di Ibu Kota. Gedung-gedung pencakar langit yang biasa bisa terlihat kejauhan, kini nampak samar.

Wilayah kota Jakarta nampak seperti kondisi mendung atau menjelang hujan. Sinar Matahari pada musim kemarau ekstrem yang biasanya terik dan cerah nampak terhalang pekatnya kabut pada langit dan wilayah udara Jakarta.

Berdasarkan catatan IQAir, Indeks kualitas udara (AQI) Kota Jakarta sudah mencapai 166, pada pukul 14.00 WIB, atau naik dari angka 162, pada 09.05 WIB, Rabu (23/8/2023).

Polutan utama yang mencemari wilayah udara Jakarta adalah partikulat atau PM2.5 yang tercatat mencapai 91 mikrogram per meter kubik. Angka ini 18,2 kali lebih tinggi dari standard kualitas udara sehat versi Badan Kesehatan Dunia atau WHO.

Kondisi udara Jakarta masih belum menunjukkan tanda perbaikan. Padahal, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) pada lebih dari 50% aparatur sipil negara (ASN). TNI juga sudah mencoba melakukan rekayasa cuaca, pada akhir pekan lalu.