Logo Bloomberg Technoz

Daftar Motor Honda dengan Rangka eSAF yang Dituding Mudah Patah

Angga Indrawan
23 August 2023 14:30

Ilustrasi penjualan sepeda motor Astra Honda Motor (AHM). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Ilustrasi penjualan sepeda motor Astra Honda Motor (AHM). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Teknologi rangka kendaraan motor skutik Honda dengan sistem enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) memantik viral dengan tudingan hasil rangka yang keropos dan mudah patah. Diketahui rangka eSAF ini hadir di sejumlah merek Honda.

Sekilas tentang eSAF, teknologi ini teraplikasi melalui plat berlapis dengan teknik penyambungan khusus. Honda mengklaim ini merupakan peningkatan teknologi sasis yang hadir pada motor produksi akhir tahun 2019 hingga saat ini.

ESAF menggantikan teknologi sebelumnya untuk sasis berbentuk tubular. Teknologi eSAF diklaim menghasilkan bobot rangka yang lebih ringan dan ciamik saat bermanuver. Pada intinya, eSAF dirancang ringan dan tangguh.

Pada awal kemunculan, eSAF diklaim unggul dibandingkan teknologi sasis tube. Berat eSAF diklaim lebih ringan 4 kilogram, atau total akhir berat rangka di angka 11 kilogram. Hal ini menjadikan eSAF diklaim lebih nyaman.

Kehadirannya menjadi perhatian lewat sejumlah utas di media sosial karena banyaknya potongan video yang memperlihatkan keropos, bahkan patah pada bagian pijakan. Penggunaan rangka eSAF membuat para teknisi mendesain ruang yang lebih besar untuk bagian tangki bahan bakar dan bagasi.