Logo Bloomberg Technoz

Sebelumnya, Kedutaan Besar RI di Ankara memaparkan ada sekitar 500 WNI yang tinggal di lokasi gempa Turki. Wilayah utama yang terdampak langsung gempa berada di sekitar tenggara Turki yang berdekatan dengan perbatasan Suriah yang meliputi 12 daerah yakni; Adana, Adıyaman, Kahramanmaraş, Gaziantep, Diyarbakır, Hatay, Kilis, Şanliurfa, Malatya, Osmaniye, Elazig, Elbistan.

Untuk saat ini, KBRI juga  telah menerima permintaan evakuasi dari 104 WNI yang tersebar di wilayah terdampak gempa, yakni 40 orang di Gaziantep, 40 di Kahramanmaraş, 14 di Diyarbakır, 9 di Hatay, dan 1 di Adana.

Pemerintah RI telah kirim bantuan

Pada Selasa (7/2/2023) dini hari lalu, Dubes RI bersama tim KBRI Ankara telah berangkat menuju Gaziantep untuk mendistribusikan bantuan kemanusiaan tahap I dari pemerintah Republik Indonesia yang berupa 1 kontainer bahan makanan. 

Rencananya, bantuan tersebut diserahkan kepada salah satu organisasi kemanusiaan terbesar di Turki, yakni Bulan Sabit Turkiye (Kizilay).

Hingga saat ini, Tim KBRI Ankara terus melakukan proses pencarian dan evakuasi, tim juga melakukan pembagian kelompok untuk menyisir daerah terdampak untuk melakukan evakuasi lanjutan kepada WNI, yakni di Gaziantep, Kahramanmaraş, Hatay, dan Diyarbakır Namun, tim mengalami sedikit kendala lantaran cuaca buruk badai salju.

(ibn)

No more pages