Logo Bloomberg Technoz

Indeks Keyakinan Konsumen RI Naik ke 123, Rakyat Makin Optimistis

Hidayat Setiaji
08 February 2023 10:06

Ilustrasi Pasar Tradisional (Sumber: Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Pasar Tradisional (Sumber: Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) melaporkan konsumen kian optimistis terhadap prospek perekonomian nasional. Ini terlihat dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang meningkat.

"Survei Konsumen Bank Indonesia pada Januari 2023 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi meningkat dibandingkan dengan capaian pada bulan sebelumnya. Hal ini tecermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Januari 2023 sebesar 123, lebih tinggi dibandingkan dengan 119,9 pada Desember 2022," sebut keterangan tertulis BI yang dirilis Rabu (8/2/2023).

IKK menggunakan angka 100 sebagai titik mula. Jika di atas 100, maka berarti konsumen optimistis terhadap prospek ekonomi saat ini hingga 6 bulan ke depan.

"Menguatnya keyakinan konsumen pada Januari 2023 didorong oleh Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang tercatat meningkat pada seluruh komponen pembentuknya, terutama Indeks Ekspektasi Kegiatan Usaha dan Indeks Ekspektasi Ketersediaan Lapangan Kerja. Sementara, Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) tetap kuat, dengan peningkatan terutama terjadi pada Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja," pungkas keterangan BI.