Logo Bloomberg Technoz

"Kekhawatiran utama pasar adalah ekspor Australia, dan kita seharusnya mendapat kejelasan tentang itu besok," kata James Waddell, kepala gas Eropa dan LNG global di Energy Aspects Ltd.

Pembatasan produksi nuklir potensial di Prancis akhir pekan ini, karena gelombang panas dan pembatasan air, juga memberikan dorongan pada harga. Batu bara dan karbon juga naik.

Woodside menyatakan bahwa negosiasi tenaga kerja di Australia itu berjalan konstruktif. "Tujuan kami dengan pekerja adalah mencapai kesepakatan perusahaan," kata CEO Meg O'Neill dalam wawancara dengan Bloomberg TV.

Meskipun demikian dampak dari peristiwa semacam itu sebagian besar bergantung pada durasinya. Apabila mogok kerja tak terjadi juga bisa memicu volatilitas.

"Jika mogok kerja tidak diputuskan atau produksi tidak terganggu, pasar akan kelebihan pasokan gas dan LNG sehingga harga harus turun menjelang November," tulis analis Citigroup Inc.

Meskipun harga masih jauh di bawah puncak krisis energi tahun lalu, persediaan gas Eropa berada pada level tertinggi untuk musim ini, memberikan buffer pada bulan-bulan awal musim pemanasan yang dimulai pada Oktober.

Futures Belanda, yang menjadi patokan gas Eropa, diperdagangkan 5,2% lebih tinggi di 42,90 euro per megawatt-jam pada pukul 4:22 sore di Amsterdam. Sementara ekuivalennya di Inggris naik 4,3%.

--Dengan asistensi Anna Shiryaevskaya, Stephen Stapczynski, Manus Cranny, Elena Mazneva, dan Francois de Beaupuy.

(bbn)

No more pages