Logo Bloomberg Technoz

Gas Eropa Melonjak Lagi Imbas Sentimen Norwegia dan Australia

News
23 August 2023 06:05

Ilustrasi harga gas (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi harga gas (Sumber: Bloomberg)

Priscila Azevedo Rocha - Bloomberg News

Bloomberg, Harga gas alam Eropa meningkat tajam menyusul pemeliharaan intensif di Norwegia yang menambah volatilitas di pasar yang sudah cemas dengan ancaman mogok kerja di Australia.

Futures acuan naik hingga 9,9% setelah ditutup di level tertinggi dalam dua bulan pada sesi sebelumnya akibat meningkatnya kekhawatiran pasokan. Pekerjaan musiman di ladang gas raksasa Troll, yang sebelumnya dijadwalkan berlanjut setelah musim panas, diperpanjang hingga 16 Oktober, menurut jaringan Norwegia.

Sementara itu, pekerja di pabrik gas alam cair (LNG) utama milik Woodside Energy Group Ltd. mengancam akan mogok kerja pada 2 September kecuali mereka mencapai kesepakatan dalam perundingan yang dijadwalkan pada Rabu. Beberapa staf di Chevron Corp. juga mempertimbangkan mogok kerja.

Aksi industri ini berisiko mengganggu hingga 10% pasokan LNG global, sementara Asia dan Eropa bersiap untuk musim pemanasan pada musim dingin. Kedua wilayah tersebut bersaing untuk jumlah bahan bakar yang terbatas di seluruh dunia.