Logo Bloomberg Technoz

Taipan Srettha Thavisin Terpilih Jadi PM Thailand

News
22 August 2023 20:35

Srettha Thavisin. (Sumber: Bloomberg)
Srettha Thavisin. (Sumber: Bloomberg)

Patpicha Tanakasempipat, Suttinee Yuvejwattana dan Anuchit Nguyen - Bloomberg News

Bloomberg, Sekitar tiga bulan setelah pemilihan umum, Thailand akhirnya memiliki perdana menteri baru. Sosok yang terpilih adalah seorang taipan Negeri Gajah Putih yang mendapatkan dukungan karena sejalan dengan Kerajaan Thailand.

Srettha Thavisin, mantan taipan properti, menjadi pemimpin baru pertama yang mengambil alih pemerintahan Thailand sejak mantan panglima militer Prayuth Chan-Ocha melakukan kudeta, pada 2014. Pria berusia 60 tahun ini berhasil mengantongi 378 suara dalam sidang gabungan dua kamar parlemen yang terdiri dari 747 anggota parlemen, Selasa (22/8/2023). Dia tercatat mendapat dukungan dari 124 anggota senat yang diangkat oleh militer Thailand, ditambah dengan 314 anggota parlemen terpilih dari koalisi partainya.

Pemungutan suara tersebut dilakukan beberapa jam setelah Thaksin Shinawatra kembali ke Thailand untuk pertama kalinya dalam 15 tahun. Thaksin kembali setelah mencapai kesepakatan dengan lembaga militer yang telah berkali-kali menggulingkan sekutu politiknya selama dua dekade terakhir. Dia adalah mantan perdana menteri yang efektif memimpin partai Pheu Thai yang kini dipimpin Srettha.