Logo Bloomberg Technoz

Menanti IPO Arm Rp1.000 T & Titik Balik SoftBank Raih Cuan

News
22 August 2023 19:35

Arm Ltd. (Dok: Bloomberg)
Arm Ltd. (Dok: Bloomberg)

Liana Baker-Bloomberg News

Bloomberg, Arm Ltd. perusahaan pengembang teknologi cip akan mengumumkan pengajuan penawaran saham perdana (IPO) secepatnya pada Senin (22/8/2023), memberikan pandangan baru terhadap pasar, khususnya pada potensi kinerja keuangan perusahaan pasca pasca diakuisisi SoftBank Group Corp. tujuh tahun lalu.

IPO Arm akan berlangsung September dan digadang-gadang menjadi yang terbesar tahun 2023, dan masuk ke daftar tiga terbesar perusahaan teknologi yang listing di Bursa Amerika Serikat (AS). Bloomberg News melaporkan bahwa Arm menargetkan nilai IPO sebesar US$60 miliar-US$70 miliar atau sekitar Rp1.000 triliun.

Nilai IPO yang banyak diprediksi lebih rendah karena SoftBank memutuskan mengoleksi lebih banyak saham Arm, usai membeli porsi milik Vision Fund. Arm masih menutup informasi porsi dan harga IPO mereka hingga pengajuannya ke Komisi Sekuritas dan Bursa (Securities and Exchange Commission/SEC) AS. 

Pencatatan perdana saham menjadi yang terbesar di Amerika pasca penawaran  Rivian Automotive Inc. pada November 2021 senilai US$13,7 miliar. Pada tahun yang sama total IPO menembus angka US$339 miliar dari lebih dari 1.000 penawaran.