Logo Bloomberg Technoz

“Intinya kami memang melihat riuh di media sosial karena viral. Tapi di lapangan, hanya sedikit saja laporan mengenai hal itu,” ucap dia.

Pada awal kemunculan, eSAF diklaim perusahaan unggul dibandingkan teknologi sasis tube. Berat eSAF lebih ringan 4 kg, atau hanya 11 kg. Hal ini menjadikan eSAF diklaim lebih nyaman.

eSAF adalah lembaran plat baja yang melalui proses press dan menyatuan menggunakan las laser. Teknologi ini kembali diklaim AHM menjadikan sasis minim deformasi. 

Penggunaan rangka eSAF membuat insinyur Honda bisa mendesain ruang yang lebih besar untuk bagian tangki bahan bakar dan bagasi. Honda BeAT memiliki bagasi 12 liter dengan tangki bahan bakar 4,2 liter. Selanjutnya Honda Vario 160 memiliki kapasitas bagasi 18 liter dan tangki bahan bakar 5,5 liter. Kemudian Honda Genio punya bagasi 14 liter dengan tangki bahan bakar 4,2 liter. Terakhir Honda Scoopy bagasinya 15,4 liter dengan tangki bahan bakar 4,2 liter.

Dengan sasis eSAF Honda menjanjikan kapasitas bagasi dan tangki BBM lebih baik. Sasis ini diaplikasikan pada beberapa tipe, seperti BeAT, Vario, Genio, Scoopy.

Meski banyaknya klaim keunggulan atas teknologi tersebut, pengguna yang mendapati sasisnya telah berkarat padahal baru beberapa saat serah terima, tetap protes. Tampak dari berbagai unggahan video di laman berbagai media sosial.

Seperti Permana Triaz, yang memposting kondisi Honda Genio tahun 2022. Tampak pada beberapa titik sasis muncul karat.

“Penampakan Genio 2020 rangka eSAF kilomeer baru 25 ribuan, karatan parah! Btw blogger dan vlogger beken ada yang berani repost kah? Jangan bilang “punya saya aman-aman aja”

(wep/ain)

No more pages