Logo Bloomberg Technoz

Dugaan Gampang Karat, Keropos & Klaim Teknologi Sasis eSAF Honda

Whery Enggo Prayogi
22 August 2023 16:45

Ilustrasi penjualan sepeda motor Astra Honda Motor (AHM). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Ilustrasi penjualan sepeda motor Astra Honda Motor (AHM). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - “Motor baru berapa bulan, rangka sudah karatan” atau “Rangka baru honda banyak yang kayak gini” adalah beberapa penggalan kalimat yang  hadir di media sosial, seolah mengkritik kekuatan sasis motor Honda yang mudah berkat ataupun keropos yang belakangan viral di sosial media.

Jika menilik ke belakang, sasis baru produksi PT Astra Honda Motor, perusahaan yang terafiliasi dengan grup Astra International, diklaim perusahaan lebih kuat, efisien, kuat dan menopang lebih banyak beban.

Honda menyebut sasis terbaru ini sebagai enhanced Smart Architecture Frame (eSAF), berbentuk plat dengan teknik penyambungan khusus. Perusahaan menyebut ini merupakan peningkatan teknologi sasis yang hadir pada motor produksi akhir tahun 2019 hingga saat ini.

eSAF menggantikan teknologi sebelumnya untuk sasis berbentuk tubular, meski menjadi tanda tanya publik kini dengan banyaknya potongan video yang memperlihatkan keropos, bahkan patah pada bagian pijakan. 

Direktur Marketing AHM Octavianus Dwi Putro dalam konfirmasinya kepada Bloomberg Technoz menyatakan bahwa kasus yang viral beberapa hari terakhir hanya mewakili sedikit dari total produk motor perusahaan. Octavianus juga mengklaim Honda Motor tetap merespon keluhan dari para konsumen, baik soal eSAF yang diduga rawan patah, ataupun suku cadang lain.