Logo Bloomberg Technoz

Saham ASII dan AUTO Melemah di Tengah Isu Sasis Motor Honda Patah

Muhammad Julian Fadli
22 August 2023 14:02

Ilustrasi penjualan sepeda motor Astra Honda Motor (AHM). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Ilustrasi penjualan sepeda motor Astra Honda Motor (AHM). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Belakangan ini, tengah ramai diperbincangkan terkait dengan dugaan sasis atau rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) patah pada sejumlah motor matic pabrikan Honda. Sejak tersiarnya kabar ini, dalam 5 hari perdagangan terakhir saham Astra International (ASII) dan Astra Otoparts (AUTO) melemah.

Sebagai gambaran, eSAF merupakan teknologi rangka yang dibuat Honda dengan metode produksi press serta pengelasan laser. Struktur rangka ini dikembangkan untuk meningkatkan stabilitas saat gerak menikung agar motor mudah dikendarai, ringan, dan nyaman saat bermanuver.

Struktur rangka eSAF diperkenalkan Honda sejak 2019 melalui produk Honda Genio, kemudian berlanjut ke Honda Beat, Honda Scoopy lalu Vario 160.

Dalam keterangan terkini, Astra Honda Motor (AHM) yang merupakan perusahaan pembuat rangka tersebut, menginstruksikan kesiapan seluruh jaringan bengkel di Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) dalam merespons keluhan konsumen terkait isu rangka atau sasis eSAF tersebut.

AHM juga membuka kemungkinan melakukan investigasi mengenai dugaan karatannya eSAF motor matic merek Beat dan Vario.