Logo Bloomberg Technoz

Korut Gelar Parade Militer di Tengah Peningkatan Senjata Nuklir

News
08 February 2023 08:59

Korea Utara (Sumber: Bloomberg)
Korea Utara (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Korea Utara (Korut) dikabarkan menggelar parade militer pertamanya dalam hampir satu tahun, yang menjadi ajang Presiden Korut Kim Jong Un memamerkan senjata terbarunya setelah mengancam akan memperluas program senjata nuklir.

Mengutip Bloomberg News, NK News melaporkan bahwa beberapa pesawat jet terlihat terbang rendah di atas Ibukota Pyongyang dan musik terdengar di Lapangan Kim Il Sung di pusat kota tersebut pada Rabu (08/02/2023) dini hari, yang menunjukkan adanya sebuah parade.

Namun, belum pasti apakah parade telah berlangsung di negara tertutup tersebut. Sebab, Kantor Berita Korea Selatan (Korsel) Yonhap melaporkan bahwa pemerintah Korsel memperkirakan pawai tersebut diadakan Rabu pada malam hari.

Gambar satelit selama beberapa pekan terakhir menunjukkan persiapan parade sedang berlangsung dalam rangka 75 tahun berdirinya tentara Korut pada Rabu.

Korut dalam beberapa bulan terakhir menguji mesin berbahan bakar padat baru, yang dapat digunakan dalam rudal yang dirancang untuk menyerang pangkalan militer AS di Jepang dan Guam, serta rudal balistik antarbenua untuk membawa hulu ledak ke daratan Amerika.