Logo Bloomberg Technoz

Trump saat ini tengah menghadapi kasus terkait kecurangan pemilu di pengadilan federal di Washington yang diajukan oleh Jaksa Khusus Jack Smith, serta dua kasus kriminal lainnya yang tidak berhubungan di New York dan Florida.

Jaksa Distrik Fulton County memberikan waktu kepada semua terdakwa dalam kasus Georgia hingga 25 Agustus untuk menyerahkan diri secara sukarela atau mereka akan ditangkap.

Mantan Presiden AS Donald Trump (tengah) selama persidangan di pengadilan New York, AS, Selasa (4/4/2023). (Seth Wenig/Associated Press/Bloomberg)

Trump dan beberapa orang lainnya itu kemudian akan diadili pada minggu 5 September. Diperkirakan Trump akan mengajukan pembelaan tidak bersalah.

Belum jelas apakah Trump akan difoto seperti tahanan atau dipakaikan borgol selama proses tersebut. Sheriff Fulton County, Patrick “Pat” Labat, pada konferensi pers tanggal 1 Agustus mengatakan bahwa ia tidak berencana memberikan perlakuan khusus kepada Trump.

Pada kasus-kasus Trump sebelumnya di mana ia juga didakwa, ia tidak difoto sebagai tahanan dan diborgol. Pihak berwenang di ketiga yurisdiksi tersebut mengatakan bahwa foto tahanan tidak diperlukan karena foto Trump sudah banyak tersedia. Foto tahanan biasanya digunakan untuk membantu lembaga penegak hukum melacak terdakwa yang mencoba melarikan diri.

Trump, yang mengklaim semua kasus kriminal terkait dirinya adalah bagian dari ‘witch-hunting’ - fenomena zaman dulu di mana orang-orang yang dianggap penyihir ditangkap dan lantas dihukum tanpa bukti, yang dilakukan oleh orang-orang Partai Demokrat kepadanya.

Trump juga telah menjual cenderamata cangkir di situs kampanyenya dengan gambar foto tahanan palsu dan teks "tidak bersalah.”

(bbn)

No more pages