Logo Bloomberg Technoz

DPR Kantongi Dua Nama Calon Deputi Gubernur Bank Indonesia

08 February 2023 08:36

Bank Indonesia (BI). (Graham Crouch/Bloomberg)
Bank Indonesia (BI). (Graham Crouch/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo dikabarkan telah mengusulkan nama dua calon Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) yang akan menggantikan Dody Budi Waluyo yang masa jabatannya selesai pada April 2023. 

Wakil Ketua DPR RI Fraksi Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, dua nama itu telah diserahkan Presiden Jokowi melalui surat yang disampaikan ke meja pimpinan DPR pada 18 Januari 2023 bersama enam surat lainnya.

"Sidang dewan yang kami hormati, pimpinan dewan sudah menerima tujuh pucuk surat dari Presiden RI," kata Dasco saat membuka rapat paripurna DPR RI ke-15 masa persidangan III Tahun Sidang 2022-2023, Selasa (7/2/2023).

Terkait nama calon deputi gubernur BI itu, Anggota Komisi XI DPR RI Andreas Eddy Susetyo dari Fraksi PDI Perjuangan mengatakan, yang dicalonkan Presiden Jokowi itu adalah Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendarta dan Kepala Departemen Regional sekaligus Asisten Gubernur BI Dwi Pranoto.

Andreas berujar, Komisi XI DPR RI akan melakukan pembahasan internal pada esok hari untuk menentukan jadwal uji kelayakan calon Deputi Gubernur BI.