Logo Bloomberg Technoz

Diduga Disandera, Polisi Cari Informasi Keberadaan Pilot Susi Air

News
08 February 2023 08:45

Jenderal Lisyo Sigit Prabowo saat dilantik menjadi Kapolri. (Dok. BPMI Setpres/Laily RE)
Jenderal Lisyo Sigit Prabowo saat dilantik menjadi Kapolri. (Dok. BPMI Setpres/Laily RE)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepolisian masih mencari informasi tentang hilangnya pilot serta penumpang dan terbakarnya pesawat Pilatus Porter Susi Air di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Tengah. Saat ini, kepolisian bersama Satuan Tugas Damai Cartenz sedang mencari cara turun ke Distrik Paro untuk mencari informasi keberadaan pilot dan penumpang pesawat dengan nomor penerbangan SI 9368 tersebut.

"Sedang melakukan konsolidasi," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Papua, Komisaris Besar Ignatius Benny Ady Prabowo seperti dalam rilis yang diterima Bloomberg Technoz, Rabu (8/2/2023).

Sebelum peristiwa Susi Air, kata dia, kepolisian juga menerima laporan adanya ancaman dan penyanderaan terhadap 15 pekerja pada proyek pembangunan Puskesmas Distrik Paro, 4 Februari 2023. Kontraktor proyek mengatakan, para penyandera tersebut juga diduga berasal dari kelompok Egianus Kogoya. Mereka menilai para pekerja tak memiliki identitas yang lengkap.

“Informasi yang kami dapat, posisi 15 orang itu sudah keluar dari Distrik Paro dan menuju ke Mapenduma. Informasi ini masih di dalami oleh Satgas Damai Cartenz,” kata Ignatius.

Toh, kata dia, kepolisian belum menerima informasi yang detil tentang keterlibatan kelompok Egianus Kogoya tersebut. Saat ini, Kepolisian Resor Nduga sudah berada di Distrik Paro untuk melakukan penyelidikan. Proses ini berjalan lambat karena distrik ini tak memiliki fasilitas satuan TNI dan Polri. Jaringan komunikasi juga sangat minim.