Logo Bloomberg Technoz

Somalia Blokir TikTok dan Telegram karena Dimanfaatkan Teroris

News
21 August 2023 21:15

Tiktok. (dok Bloomberg)
Tiktok. (dok Bloomberg)

Mohamed Sheikh Nor - Bloomberg News

Bloomberg, Pemerintah Somalia telah menangguhkan penggunaan TikTok, Telegram, dan 1XBET, sebuah perusahaan taruhan. Keputusan itu dibuat dengan alasan bahwa aplikasi-aplikasi tersebut digunakan oleh kelompok teroris dan kelompok yang mempromosikan ketidakpantasan di negara Afrika Timur tersebut.

Kementerian Komunikasi dan Teknologi Somalia memerintahkan penyedia internet untuk memblokir aplikasi-aplikasi tersebut pada hari Senin (21/8/2023). Keputusan ini diambil saat pertempuran melawan kelompok jihadis al Shabaab sedang memanas di wilayah pusat negara.

Ini adalah kali pertama pemerintah Somalia memerintahkan penutupan aplikasi-aplikasi tertentu sebagai bagian dari upaya antiteror.

Sebelumnya pada bulan ini, Senegal menangguhkan penggunaan TikTok atas kekhawatiran bahwa aplikasi tersebut digunakan untuk memicu unjuk rasa yang berujung dengan kekerasan. Para anggota parlemen Kenya juga telah mengumumkan penyelidikan terhadap platform media sosial tersebut setelah mereka menerima petisi yang meminta pelarangan dengan alasan "tidak pantas".