Logo Bloomberg Technoz

Manuver Pheu Thai Demi Jadi PM Thailand & Bikin Pemerintahan Baru

News
21 August 2023 18:25

Taipan Thailand,Srettha Thavisin yang diusung Partai Pheu Thai sebagai calon perdana menteri baru. (Dok. Bloomberg)
Taipan Thailand,Srettha Thavisin yang diusung Partai Pheu Thai sebagai calon perdana menteri baru. (Dok. Bloomberg)

Patpicha Tanakasempipat dan Pathom Sangwongwanich - Bloomberg News

Bloomberg, Partai Pheu Thai, yang terafiliasi dengan mantan Perdana Menteri (PM) Thaksin Shinawatra, mengumumkan bahwa partai yang didukung oleh militer akan bergabung dengan koalisi mereka. Hal ini dilakukan dalam upaya membentuk pemerintahan dan mengatasi kebuntuan politik yang melanda negara sejak pemilihan umum pada Mei.

Ketua Partai Pheu Thai Cholnan Srikaew mengatakan bergabungnya partai Palang Pracharath, yang dipimpin oleh mantan kepala angkatan darat Prawit Wongsuwan, akan menambah kekuatan aliansi ini menjadi 314 kursi dari total 500 kursi di DPR Thailand. Perluasan koalisi ini terjadi sehari sebelum parlemen mengadakan pemungutan suara baru untuk pemilihan perdana menteri.

Srettha Thavisin, kandidat perdana menteri dari koalisi ini, dijadwalkan akan mencari dukungan parlemen pada hari Selasa (22/8/2023). Akan tetapi nasibnya bergantung pada senat yang diangkat oleh militer, di mana 250 anggota dari senat akan memberikan suara dalam sidang bersama dengan DPR.

Palang Pracharath, yang memiliki 40 anggota parlemen, sebelumnya telah mendukung Prayuth Chan-Ocha, PM yang akan berakhir masa jabatannya, dalam pemilu tahun 2019. Keterlibatan partai ini dalam koalisi mungkin akan membantu memenangkan dukungan senat untuk Srettha.