Logo Bloomberg Technoz

Selain Denmark, Belanda Juga Kirim Jet Tempur F-16 ke Ukraina

News
21 August 2023 15:25

Letjen Angkatan Udara Belanda Andre “Jabba” Steur, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy, Perdana Menteri Belanda dan Mark Rutte. (Sumber: Bloomberg)
Letjen Angkatan Udara Belanda Andre “Jabba” Steur, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy, Perdana Menteri Belanda dan Mark Rutte. (Sumber: Bloomberg)

Cagan Koc - Bloomberg News

Bloomberg, Denmark dan Belanda telah berjanji  mengirimkan pesawat tempur F-16 ke Kyiv, dan menjadi langkah besar yang dilakukan kedua negara dalam memberikan senjata canggih kepada Ukraina untuk menghadapi Rusia.

Setelah mendapatkan persetujuan dari Amerika Serikat (AS), kedua negara anggota NATO ini akan mengirimkan pesawat tempur ke Ukraina setelah pilot di sana dilatih untuk mengoperasikannya. Hal itu disampaikan oleh perdana menteri Denmark dan Belanda, setelah masing-masing menerima kunjungan mendadak dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy.

Perdana Menteri Denmark, Mette Frederiksen, mengatakan negaranya akan mengirim 19 dari total 30 pesawat F-16 milik Denmark ke Ukraina. Enam pesawat pertama mungkin akan meninggalkan Denmark menjelang tahun baru, katanya, sambil menambahkan bahwa lebih dari 70 anggota militer Ukraina saat ini sedang menjalani pelatihan di Denmark.

Frederiksen bergabung Mark Rutte dan negara-negara lagi yang berjanji membantu mempesenjatai Kyiv dengan pesawat tempur terebut. Pesawat-pesawat itu dikirim untuk dapat membantu Ukraina merebut kembali wilayah yang diduduki oleh Rusia sejak invasi pada awal 2022.