Logo Bloomberg Technoz

Default Obligasi Daerah di AS Bakal Naik Tahun Ini

News
08 February 2023 05:34

Ilustrasi Dolar AS (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Dolar AS (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank of America Corp (BofA) memperkirakan lebih banyak obligasi daerah atau municipal bond/muni-bond akan mengalami gagal bayar alias default tahun ini. Kebanyakan yang akan default adalah dari sektor rentan seperti rumah sakit dan panti jompo.

Mengutip Bloomberg News, BofA memperkirakan muni-bond yang akan default berkisar antara US$ 1,7-2,1 miliar tahun ini. Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), US$ 1 setara dengan Rp 15.139. Jadi US$ 1,7-2,1 miliar sama dengan Rp 25,74-31,79 triliun.

Pembayaran kupon pada Januari yang default sudah mencapai US$ 611 juta (Rp 9,25 triliun). Angka ini naik 122% dibandingkan periode yang sama tahun lalu dan menjadi yang tertinggi sejak 2019. Sebagian besar yang mengalami default adalah dari sektor non-profit seperti rumah sakit dan panti jompo,

Sumber: Bloomberg

Proyeksi BofA ini menunjukkan kondisi pasar keuangan akan semakin ketat. Sebelumnya, pasar berada dalam kondisi longgar karena suku bunga rendah dan stimulus dari pemerintah maupun bank sentral. 

“Secara umum, pasar masih akan kuat. Namun setelah berakhirnya stimulus ada perlambatan. Sulit untuk terus menguat dalam waktu lama,” tegas Daniel Solender, Direktur Lord Abbett & Co.