Logo Bloomberg Technoz

OJK: Total Nilai Tabungan Pelajar Indonesia Capai Rp29 Triliun

Mis Fransiska Dewi
20 August 2023 20:45

Ilustrasi uang Rupiah. (Photo By wirestock via Envato)
Ilustrasi uang Rupiah. (Photo By wirestock via Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Frederica Widyasari Dewi menyebutkan hingga saat ini sudah ada 52,37 juta rekening pelajar atau 83,24% dari total pelajar di Indonesia telah memiliki rekening tabungan. Total nilai tabungan tersebut mencapai Rp29 triliun. 

“Jadi itu suatu pencapaian luar biasa. Dalam periode satu tahun sejak hari indonesia menabung tahun lalu sampai tahun ini sudah ada tambahan Rp2,4 juta rekening dengan total angka Rp4 triliun,” kata Frederica usai kegiatan Hari Indonesia Menabung di Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (20/8/2023).

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar menyebutkan, bila dibuat perbandingan total tabungan pelajar Indonesia bisa membiayai 600 kilometer jalan tol. 

"Untuk 1 kilometer jalan tol itu biaya pembangunannya di kisaran Rp50 miliar. Jadi dari total rekening pelajar itu sudah bisa 7 kali jalan tol Jakarta-Bandung," kata Mahendra.

Oleh karena itu, OJK menyatakan akan terus mendorong para pelajar untuk membuka rekening dan terus menabung. Sebab, kata Mahendra, potensinya akan sangat besar bagi negara seperti untuk pendanaan pembangunan infrastruktur, industri, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).