Logo Bloomberg Technoz

Pesawat Antariksa Rusia Hancur Saat Mencoba Mendarat di Bulan

News
20 August 2023 19:10

Ilustrasi Roket (Sumber: Eva Marie Uzcategui/Bloomberg)
Ilustrasi Roket (Sumber: Eva Marie Uzcategui/Bloomberg)

Bruce Einhorn-Bloomberg News

Bloomberg, Rusia mengumumkan bahwa pesawat antariksa robotik milik mereka mengalami kecalakaan saat mencoba mendarat di dekat kutub selatan bulan, ini membuat Rusia gagal dalam perlombaan dengan India untuk menjadi negara pertama yang mencapai wilayah tersebut.

Luna-25 seharusnya menandai kembalinya Moskow ke bulan setelah hampir setengah abad setelah misi Soviet terakhir. Pesawat antariksa tersebut berputar ke dalam orbit tak terkendali dan “berhenti” saat menabrak permukaan bulan, kata badan antariksa Rusia, Roscosmos, dalam pernyataan pada hari Minggu (20/8). Roscomos mengatakan komunikasi dengan pesawat sudah hilang sejak Sabtu.

Sementara itu, pesawat antariksa Chandrayaan-3 milik India sedang mengorbit bulan dan kemungkinan akan mencoba mendarat di dekat kutub pada minggu ini. 

Bagi Roscosmos, kegagalan Luna-25 adalah kejadian terbaru dalam serangkaian kegagalan, setelah invasi Moskow ke Ukraina pada tahun 2022 memutus pendapatan layanan peluncuran dari banyak operator satelit asing. Luna-25 seharusnya mendarat di kutub selatan bulan paling awal pada hari Senin, tetapi menurut Roscosmos pada hari Sabtu, pesawat tersebut tidak dapat masuk ke orbit pra-pendaratan yang telah dijadwalkan.