Logo Bloomberg Technoz

Ada Tarif Promo, LRT Melaju Akhir Agustus 2023

Mis Fransiska Dewi
20 August 2023 13:39

Kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) berhenti di Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta, Rabu (28/6/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) berhenti di Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta, Rabu (28/6/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perhubungan tengah mengusulkan skema tarif promo untuk transportasi publik LRT Jabodebek atau yang mencakup wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, dalam rangka meperingati HUT RI Ke-78.

Saat usulan diterima, harapannya target operasi secara komersial LRT yang terhubung dari Harjamukti-Dukuh Atas-Jatimulya ini berlangsung pada akhir Agustus 2023.

“Ini merupakan usulan kami agar semakin menarik minat masyarakat untuk beralih ke Angkutan massal LRT Jabodebek. Dengan semakin banyak masyarakat yang menggunakan angkutan massal, diharapkan dapat menekan tingkat kemacetan dan polusi udara, khususnya di wilayah perkotaan teraglomerasi seperti Jabodetabek,” kata Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal, dikutip, Minggu (20/8/2023).

Ia menambahkan, terdapat dua usulan tarif promo, yaitu diskon sampai 78% dan pemberian potongan tarif untuk rute terjauh sebesar Rp20.000. Ditjen Perkeretaapian masih merumuskan regulasi atas pemberlakukan tarif ini, termasuk konsep besar dan waktu pelaksanaan.

“Kalau ini disetujui, kami akan terapkan saat LRT Jabodebek beroperasi komersial pada akhir Agustus mendatang,” katanya. Dalam upaya mengkampanyekan penggunaan transportasi publik—salah satunya Jabodebek— pemerintah menyediakan angkutan feeder yang terhubung ke rumah pengguna (first mile) dan menuju tempat tujuan (last mile).