Logo Bloomberg Technoz

Jokowi: Pemimpin Kelak Menentukan Lompatan RI Jadi Negara Maju

Mis Fransiska Dewi
20 August 2023 09:08

Presiden Jokowi. (Dok: Setpres)
Presiden Jokowi. (Dok: Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo menitipkan pesan kepada masyarakat untuk pintar memilih penerusnya. Pasalnya pemimpin Indonesia kelak harus memanfaatkan peluang yang dimiliki Indonesia untuk melompat dari negara berkembang menjadi negara maju.

Lewat sejumlah kebijakan, mimpi ini diperkirakan Jokowi akan terwujud 13 tahun ke depan. Dalam kunjungan kerja ke Medan, Sumatera Utara, Jokowi menyatakan Indonesia berpotensi masuk ke dalam lima besar negara dengan ekonomi terkuat di dunia.

“Peluangnya—opportunity-nya [menjadi negara maju], hanya berada dalam kurun 13 tahun ke depan ini. Sehingga pemimpin ke depan ini sangat-sangat menentukan negara kita ini bisa melompat maju atau tidak,” tutur Jokowi. Namun demikian ini sekaligus menjadi tantangan yang harus dilewati. Bagi Jokowi, ini tidaklah mudah.

Pemimpin Indonesia pada periode 2024, 2029, dan 2034 sangat menentukan masa depan Indonesia. Pasalnya peluang bisa menjadi jebakan untuk Indonesia dan nyaman menjadi negara berpendapatan menengah.

“Hati-hati kepemimpinan di 2024, 2029, 2034 itu sangat menentukan sekali,” jelas Jokowi. Ia menyampaikan Indonesia jangan sampai seperti beberapa negara di Amerika latin yang selama sekitar 70 tahun tetap menjadi negara berkembang.