Logo Bloomberg Technoz

Target Pertumbuhan Ekonomi Jokowi 'di Situ-situ Saja'

Whery Enggo Prayogi
20 August 2023 07:26

Target Pertumbuhan Ekonomi Jokowi Tahun Ini Bisa Gagal (Bloomberg Technoz)
Target Pertumbuhan Ekonomi Jokowi Tahun Ini Bisa Gagal (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Target pertumbuhan ekonomi pemerintahan Presiden Jokowi pada 2024 sebesar 5,2%, menjadi gambaran bahwa selama 10 tahun terakhir terjadi stagnasi, seperti disampaikan anggota Komisi XI DPR Anis Byarwati.

Menurut dia, janji Presiden Jokowi untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi 7% belum tercapai. Dalam RPJMN 2020-2024 tertuang pula target pertumbuhan ekonomi dalam kisaran 6,0-6,2 persen pada akhir tahun 2024. 

Anis mengatakan dalam sepuluh tahun terakhir rata-rata tingkat pertumbuhan ekonomi yang mampu dicapai oleh Pemerintah hanya mencapai 4,23%. “Target pertumbuhan ekonomi tahun 2024 yang dicanangkan oleh pemerintah sebesar 5,2%, menjadikan pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami stagnasi dalam sepuluh tahun terakhir, atau semenjak pemerintahan yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo berkuasa pada tahun 2014,” ucap dia dilansir, Minggu (20/8/2023).

Ia menambahkan pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 juga diuntungkan dari booming harga komoditas, seperti nikel, batu bara, sawit, ataupun jenis lain. Anis mengingatkan bahwa tantangan ekonomi Indonesia di masa mendatang adalah saat harga komoditas sudah kembali ke level sebelum puncak kenaikan.

Berdasarkan catatan data, pada periode pertama pemerintahan Jokowi, pertumbuhan ekonomi Indonesia juga berada di level stagnan, 5% bahkan pada 2015 menyentuh angka 4,79% efek kebijakan baru subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM). Capaian selama ini mengindikasikan bertentangan dengan target ambisius Presiden Joko Widodo di awal berkuasa yang membidik raihan 7%.