Logo Bloomberg Technoz

Pesan Pemilu Jokowi: Kalau Kalah dan Tak Mau Bantu, Jangan Ganggu

Angga Indrawan
19 August 2023 19:30

Presiden Jokowi Resmikan Pembukaan Papua Street Carnival, Jayapura, 7 Juli 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi Resmikan Pembukaan Papua Street Carnival, Jayapura, 7 Juli 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menitipkan pesan kepada peserta pemilu, baik pileg maupupun pilpres untuk menjaga persatuan di tahun politik. Jokowi tak ingin penyelenggaraan Pemilu 2024 membuat perpecahan masyarakat.

"Pemilu itu pertandingan kekeluargaan. Pasti ada yang menang dan pasti ada yang kalah. Sudah sebaiknya yang menang mengajak yang kalah. Dan yang kalah, kalaupun tidak mau membantu, sebisa mungkin jangan mengganggu," ujar Jokowi dalam sambutan di pembukaan Rakernas Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) di Kota Medan, disiarkan secara live streaming di akun Youtube Sekretariat Negara, Sabtu (19/8/2023).

Jokowi mengingatkan meski berkompetisi, namun yang harus tetap diingat bangsa ini harus bersatu kembali. Sehingga, lanjut Jokowi, tak ada alasan pemilu malah menjadikan permusuhan di masyarakat.

"Jangan buat luka yang terlalu dalam," kata Jokowi.

Jokowi mengingatkan bahwa Indonesia memiliki budaya politik kekeluargaan, budaya gotong royong, dan budaya bersatu. Jokowi berharap tahun politik ini bisa disikapi secara dewasa oleh semua pihak. 

Sudah sebaiknya yang menang mengajak yang kalah.

Presiden Joko Widodo