Logo Bloomberg Technoz

Deretan Novel Marga T yang Tak Akan Berlalu

Septiana Ledysia
18 August 2023 17:45

Marga T. (Tangkapan Layar Twitter @bukugpu)
Marga T. (Tangkapan Layar Twitter @bukugpu)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Penulis Marga T meninggal dunia di usia 80 tahun. Penulis prolifik terbaik Indonesia itu sudah menulis sejak tahun 1970-an.

Seperti yang dikutip dari situs kemendikbud.go.id, karya penulis yang memiliki nama lengkap Intan Margaretha Harjamulia atau Marga Tjoa itu sangat banyak. Novel-novel seperti Badai Pasti Berlalu (1974), Karmila yang bermula dari cerita bersambung atau cerber di surat kabar Kompas (5 Juni - 2 September 1972) lalu diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama pada bulan Maret 1974. 

Saking populernya di masyarakat, pada tahun 1977 film yang diangkat dari novel Badai Pasti Berlalu dirilis. Film ini dibintangi oleh Slamet Raharjo, Christine Hakim, Roy Marten dan Mieke Widjaya. Film tersebut juga menuai banyak penghargaan di ajang FFI 1978.

Lalu pada tahun 2007 tepatnya 30 tahun setelah film pertama tayang,  film Badai Pasti Berlalu didaur ulang oleh sutradara Teddy Soeriaatmadja. Film tersebut dibintangi oleh Vino G. Bastian dan Raaihanun.

Novel Marga T lain yang meledak dipasaran antara lain, adalah Gema Sebuah Hati (1976) dan novel Bukan Impian Semusim yang diterbitkan oleh PT Gaya Favorite Press pada tahun 1976 dan diterbitkan kembali oleh Gramedia Pustaka Utama tahun 1991. Novel Bukan Impian Semusim juga diangkat menjadi sebuah film yang disutradarai Ami Priyono dan dibintangi oleh Djatu Parmawati dan Deddy Mizwar.