Logo Bloomberg Technoz

AHM Investigasi Keluhan Sasis Motor Honda Patah & Karatan

Angga Indrawan
18 August 2023 19:00

Booth Astra Honda Motor di Indonesia Electric Motor Show (IEMS). (Dok astra-honda.com)
Booth Astra Honda Motor di Indonesia Electric Motor Show (IEMS). (Dok astra-honda.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Astra Honda Motor (AHM) memastikan kesiapan seluruh jaringan bengkel di Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) merespons keluhan konsumen, terkait dengan viral ringkihnya sasis (eSAF) skutik mulai dari Honda Beat dan Vario.

Direktur Marketing AHM, Octavianus Dwi Putro bahkan menyebut tidak menutup kemungkinan perusahaan melakukan investigasi mengenai keluhan yang mulanya viral karena seutas-dua utas netizen di dunia maya tersebut.

"Investigasi bisa jadi akan dilakukan. Tapi pada intinya seluruh jaringan AHASS sudah diinstruksikan merespons dengan baik keluhan akan hal itu (eSaf). Tak cuma soal eSAF. Semua komponen," ujar Octavianus kepada Bloomberg Technoz, Jumat (18/8/2023).

Sebagai informasi, eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame) merupakan teknologi rangka yang dibuat Honda dengan metode produksi press serta pengelasan laser. Struktur rangka ini dikembangkan untuk meningkatkan stabilitas saat gerak menikung agar motor mudah dikendarai, ringan, dan nyaman saat bermanuver.

Dengan keberadaan eSAF, ruang bagasi pun bisa terkatrol hingga mampu menampung 14 liter dan menyisakan ruang untuk meletakkan tangki bahan bakar 4,2 liter. Struktur rangka ini diperkenalkan AHM sejak 2019 melalui produk Genio, merambah ke Beat, Scoopy lalu merek Vario 160.