Logo Bloomberg Technoz

Di sisi lain, Denmark telah mendapatkan persetujuan dari (Amerika Serikat) AS untuk mengirimkan pesawat tempur F-16 ke Ukraina begitu pilotnya telah dilatih. Akan tetapi, Menteri Luar Negeri Lars Lokke Rasmussen enggan menyebutkan kapan tepatnya Kopenhagen akan mengirimkan pesawat-pesawat tersebut. 

Sementara The New York Times melaporkan pada Kamis (17/8/2023) bahwa juru bicara angkatan udara Ukraina mengatakan pesawat-pesawat canggih tersebut tidak akan tiba tahun ini.

Kapal perdagangan pertama yang meninggalkan pelabuhan laut Ukraina sejak runtuhnya perjanjian pengiriman lewat Laut Hitam dengan Rusia tiba di Istanbul pada Jumat dini hari. Belum jelas apakah kapal-kapal lain akan segera mengikuti melalui rute Laut Hitam sementara yang didirikan oleh Kyiv dalam upaya untuk menjaga kelancaran ekspor. 

Turki mengatakan telah memperingatkan pejabat Rusia untuk tidak melakukan tindakan yang bisa memperburuk ketegangan di Laut Hitam, beberapa hari setelah pasukan Kremlin menembakkan tembakan ke kapal kargo yang dimiliki oleh perusahaan Turki. Transit gandum diharapkan akan menjadi topik pembicaraan saat Perdana Menteri Ukraina bertemu dengan Perdana Menteri Rumania pada Jumat.

(bbn)

No more pages