Logo Bloomberg Technoz

Runner Up Miss Universe Indonesia 2023 Putuskan Mundur

Septiana Ledysia
18 August 2023 14:50

Muthia Fatika Rachman Runner Up Miss Universe Indonesia 2023. (Sumber: Instagram @muthiafrachman)
Muthia Fatika Rachman Runner Up Miss Universe Indonesia 2023. (Sumber: Instagram @muthiafrachman)

Bloomberg Technoz, JakartaRunner up Miss Universe Indonesia 2023 asal Jawa Barat, Muthia Fatika Rachman, memutuskan mengundurkan diri dari ajang tersebut. Pendunduran diri Muthia merupakan buntut dari kasus pelecehan seksual yang terjadi di pergelaran kontes kecantikan itu.

“Dengan berakhirnya kemitraan antara organiasi Miss Universe dan lisensinya, ditambah dengan situasi yang bertentangan dengan nilai-nilai saya sebagai seorang perempuan dan manusia. Dengan segala hormat, saya secara resmi mengumumkan bahwa saya tidak lagi menjadi bagian dari Miss Universe 2023 dan akan kembali ke provinsi saya, Jawa Barat,” tulis Muthia di akun Instagram miliknya @muthiafrachman, dikutip Jumat (18/8/2023).

Keputusan Muthia disambut baik sesama peserta Miss Universe lainnya dan para pengikutnya di Instagram. Bagi Muthia, keputusan ini tidaklah mudah karena menjadi bagian Miss Universe adalah mimpinya sejak kecil.

“Miss Universe bukan sekadar kontes kecantikan, tetapi mimpiku sejak kecil. Pada umur 9 tahun aku menonton perhelatan Miss Universe di TV dan terinspirasi untuk bisa menjadi bagian yang bisa mengubah dunia suatu hari nanti. Hari itu tiba ketika akun muncul di layar kaca dan berharap ada anak kecil lainnya di luar sana terinspirasi seperti aku dahulu,” tulis Muthia.

Organisasi Miss Universe mencabut lisensi Miss Universe Indonesia menyusul kasus dugaan pelecehan seksual.