Logo Bloomberg Technoz

WHO Kepincut Obat Tradisional, Sedang Dibahas di India

Septiana Ledysia
18 August 2023 13:10

Logo World Health Organization (WHO). ( Stefan Wermuth/Bloomberg)
Logo World Health Organization (WHO). ( Stefan Wermuth/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - WHO sedang mengadakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Obat tradisional pada 17-18 Agustus di Gandhinagar, Gujarat, India. KTT ini akan menjelajahi peran obat tradisional dalam mengatasi tantangan kesehatan dan di Indonesia pengobatan tradisional juga sudah diakomodasi dalam Omnibus Law Kesehatan yang baru

Seperti yang dilansir dari halaman WHO, Jumat (18/8/2023), KTT ini bertujuan unutk menjelajahi cara-cara untuk meningkatkan kemajuan ilmiah dan mewujudkan potensi pengetahuan berbasis bukti dalam penggunaan obat tradisional untuk kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di seluruh dunia. 

Ilmuwan dan pakar akan memimpin diskusi teknis tentang riset, bukti dan pembelajaran; kebijakan, data dan regulasi inovasi dan kesehatan digital serta keanekaragaman hayati, kesetaraan dan pengetahuan penduduk lokal.

“Obat tradisional memainkan peran penting dan katalis dalam mencapai tujuan cakupan kesehatan universal dan mencapai target terkait kesehatan global yang sudah keluar jalur sebelum gangguan yang disebabkan oleh Pandemi COVID-19,” kata Direktur Jendral WHO, Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Penggunaan obat tradisional sebenarnya sudah digaungkan para pimpinan negara dan pemerintahan pada pertemuan tingkat tinggi PBB pada tahun 2019. Saat ini, obat tradisional dan komplementer sudah banyak digunakan di beberapa negara, di mana mereka memainkan peran penting dalam budaya, kesehatan, dan kesejahteraan banyak komunitas.