Logo Bloomberg Technoz

Mantan Presiden Bolsonaro Dituduh Mau Bobol Sistem Pemilu Brasil

News
18 August 2023 11:00

Mantan Presiden Brasil, Jair Bolsonaro (Ton Molina/Bloomberg)
Mantan Presiden Brasil, Jair Bolsonaro (Ton Molina/Bloomberg)

Daniel Carvalho - Bloomberg News

Bloomberg, Mantan Presiden Brasil Jair Bolsonaro pernah bertanya kepada seorang programmer komputer tentang kemungkinan menyusup ke dalam sistem pemungutan suara elektronik Brasil dan mengekspos kerentanan. Ia berjanji akan mengampuni hacker itu jika tertangkap. Ini merupakan kesaksian dari hacker Walter Deligatti Neto, Kamis (17/8/2023).

Bolsonaro mempertanyakan hal ini dalam sebuah pertemuan di kediaman presidenan. Bolsonaro juga menyuruhnya pergi ke Kementerian Pertahanan, yang sedang melakukan investigasi terhadap keamanan pemilu, untuk merinci informasi teknis apakah ia dapat meretas pemungutan suara.

Walter Deligatti juga bersaksi Bolsonaro pernah mengatakan padanya dalam sebuah panggilan telepon bahwa mantan presiden Brasil itu telah berhasil menyadap Hakim Alexandre de Moraes - kepala pengadilan tinggi pemilu Brasil - dan meminta hacker tersebut untuk bertanggung jawab atas tindakan tersebut.

Pemilu Brasil di mana Jair Bolsonaro mencalonkan diri kembali sebagai Presiden untuk periode kedua (Gustavo Minas/Bloomberg)

Dia mencerita bahwa Bolsonaro mengatakan kepadanya bahwa penyadapan ilegal tersebut dilakukan oleh "agen dari negara lain," dan bahwa jika dia tertangkap, mantan presiden tersebut mengatakan bahwa dia "akan menangkap hakim tersebut."