Logo Bloomberg Technoz

Dorong Transformasi Tata Kelola, Ini 4 Strategi Pemerintah

Tara Marchelin
07 February 2023 17:31

Satu Dasawarsa Open Goverment Indonesia. (Bloomberg Technoz/ Tara Marchelin)
Satu Dasawarsa Open Goverment Indonesia. (Bloomberg Technoz/ Tara Marchelin)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri PPN/ Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, mengungkapkan empat strategi dalam mendorong transformasi tata kelola. Melalui strategi tersebut, pemerintah bertujuan meningkatkan kinerja pembangunan nasional, serta memperkuat dan memperluas praktik keterbukaan pemerintah. 

“Pertama, mengarusutamakan keterbukaan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, yaitu transparansi, partisipasi, akuntabilitas, dan inklusivitas,” kata Suharso dalam acara Satu Dasawarsa Open Government Indonesia, Selasa (7/2/2023). 

Suharso mengatakan implementasi strategi pertama tersebut tertuang dalam berbagai program, yang menargetkan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya lewat kanal pengaduan layanan publik LAPOR, yang dilaksanakan melalui Rencana Aksi Nasional  pada Open  Government Indonesia 2011. 

“Melalui open government Indonesia, pemerintah dan masyarakat sipil telah berjuang bersama untuk mengarusutamakan nilai-nilai keterbukaan dalam proses pembangunan ke dalam komitmen yang berdampak,” jelasnya. 

Strategi kedua, yaitu memperkuat kerja sama antara aktor pemerintah dan non-pemerintah, mengedepankan prinsip kokreasi dalam setiap tahapan pembangunan, baik dalam perencaan, implementasi, pengendalian, hingga evaluasi pembangunan.