Logo Bloomberg Technoz

Pemberian izin oleh SEC untuk produk yang melibatkan derivatif mata uang kripto Ether berjalan lambat. Bitcoin, mata uang kripto terbesar di dunia, memiliki nilai pasar sekitar US$512 miliar, sedangkan Ether adalah US$195 miliar, menurut CoinGecko.

Namun SEC tetap menyatakan dalam pergulatan dengan industri ini karena penolakan mereka terhadap ETF yang didasarkan pada Bitcoin itu sendiri.

Dalam satu kasus berisiko tinggi, panel hakim pengadilan banding federal AS akan membuat putusan tentang gugatan oleh Grayscale Investments LLC. Grayscale menentang penolakan SEC terhadap aplikasi untuk mengubah kepercayaan Bitcoin menjadi ETF.

Ketua SEC Gary Gensler. (Dok: Bloomberg)

SEC berpendapat bahwa kripto berbahaya bagi investor. SEC juga menyatakan keprihatinannya bahwa harga dapat dimanipulasi dengan likuiditas mungkin tidak cukup. Pertimbangan lain bahwa perubahan harga Bitcoin secara drastis mungkin terlalu membani investor individu. 

Namun, beberapa perusahaan, termasuk BlackRock Inc, baru-baru ini mengajukan aplikasi untuk mendaftarkan ETF Bitcoin. Pengajuan BlackRock Juni lalu membantu mendorong harga BTC ke tingkat di atas US$31.000. Namun pada kurun waktu Juli hingga Agustus hanya bergerak di areaUS$29.000. Pada Kamis, Bitcoin diperdagangkan mendekati US$26.000. Ether US$ 1.600, menurun sekitar 11% sepanjang bulan ini. 

Ilustrasi blockchain pada aset digital Ether. (Dok: Bloomberg)

-Dengan bantuan dari Beth Williams.

(bbn/wep)

No more pages