Logo Bloomberg Technoz

Hama dan Aleppo Disisir Cari WNI Korban Gempa Turki-Suriah

Krizia Putri Kinanti
07 February 2023 15:45

Duta Besar Indonesia Untuk Suriah - Wajid Fauzi. (Tangkapan layar video Zoom)
Duta Besar Indonesia Untuk Suriah - Wajid Fauzi. (Tangkapan layar video Zoom)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Duta Besar Indonesia untuk Suriah Wajid Fauzi mengatakan akan terus mencari informasi terkait keberadaan warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Suriah.

"Alhamdulillah sejauh ini kita tidak menerima informasi terkait WNI yang terdampak bencana di Suriah, tetapi tim KBRI akan terus menelurusi Hama dan Aleppo untuk mencari informasi kemungkinan ada tidaknya WNI yang terdampak. Kami akan siapkan juga tim berikutnya apabila diperlukan," kata Wajid melalui konferensi pers yang digelar Kemlu RI secara hybrid, Selasa (7/2/2023).

Wajid Fauzi juga mengatakan pihaknya  tidak mencatat adanya WNI yang terdampak di daerah konflik. Sebagai informasi, saat ini ada 1.557 WNI di Suriah di mana 500 di antaranya diperkirakan berada di wilayah terdampak gempa. 

Sementara itu untuk bencana Gempa di Turki, KBRI sudah menerima permintaan evakuasi dari 104 orang WNI  yang terdiri dari 40 WNI di Gaziantep, 40 WNI di Kahramanmaras, 14 WNI di Dyarbakir, 9 WNI di Hatay dan 1 WNI di Adana. Dengan 1 orang Ibu dengan 2 anak di Antakya dan 2 orang pekerja di Dyarbakir hingga saat ini belum bisa dihubungi. KBRI terus upayakan melalui simpul-simpul masyarakat Indonesia dan Satgas Perlindungan WNI setempat.

Tangkapan layar kondisi gempa Turki. (Source: IHA via Bloomberg)

Sementara itu korban tewas gempa di Turki dan Suriah terus bertambah dan kini sudah mencapai 4.000. Bantuan dari luar negeri pun mulai dikerahkan ke Turki pada Selasa (7/02/2023).