Logo Bloomberg Technoz

SBY-AHY Tak Hadiri Hajatan Istana, Pilih Upacara di Pacitan

Pramesti Regita Cindy
17 August 2023 16:25

Presiden RI ke-6 yang juga Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) . (Foto: SBY Team/DPP-PD)
Presiden RI ke-6 yang juga Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) . (Foto: SBY Team/DPP-PD)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) absen dalam Sidang tahunan DPR-MPR pada Rabu (16/8/2023) kemarin dan juga tak hadir di Upacara Detik-Detik Proklamasi yang digelar di Istana Merdeka pada Kamis (17/8/2023).

Diketahui absennya SBY kali ini karena meresmikan Museum Seni ‘SBY-Ani’. SBY dan anak-anaknya memilih mengadakan upacara peringatan HUT 78 RI di Pendopo Pacitan di Pacitan Jawa Timur yang merupakan kampung halamannya tersebut.

Diketahui dalam hampir 10 tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), SBY memang sangat jarang menghadiri upacara di Istana maupun datang ke Sidang Tahunan MPR untuk pidato kenegaraan presiden. Acara ini biasanya dihadiri oleh para mantan presiden, wakil presiden hingga para ketua umum partai politik.

Tahun ini tak hanya SBY, putra sulungnya yakni Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga absen di dua hajatan besar tahunan itu.

Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani menjelaskan soal absennya SBY dan AHY pada tahun ini.