Logo Bloomberg Technoz

“Ki lurah itu sudah sejak zaman pak SBY menjabat sebagai Presiden,” ujar Kamhar ketika dihubungi Bloomberg Technoz, Kamis (17/8/2023).

Sedangkan menurut Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengatakan, "pak lurah" yang dikatakan oleh Presiden Jokowi adalah bagian dari humor saja. 

“Kalau ada ya barangkali perumpamaan semua peraturan harus atas persetujuan pak lurah saya pikir hanya sebagai sebuah jokes saja. Ada sense of humor bagus juga di negeri ini ya kan?” ucap Paloh pada Rabu (16/8/2023).

Kemudian politikus senior PDIP dan juga Anggota Komisi I DPR Effendi Simbolon justru mengatakan kata lurah sebagai kode yang biasa digunakan dari zaman Orde Baru. Oleh karenanya hal tersebut tidaklah terlalu penting.
 
“Hampir semua dari zaman ke zaman sampai ke Orde Baru, kalau kita menyebut istilah presiden itu lurah, bukan maksudnya hanya ke beliau. Lurah itu selalu digunakan salah persepsi hanya guyon kecil, dan itu tidak terlalu penting," kata Effendi saat ditemui di gedung Parlemen usai pidato kenegaraan Jokowi.

Sementara Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono justru menilai bagaimanapun sebagai presiden, Joko Widodo harus menjadi kepala negara yang netral.

“Ya tentu pak Jokowi seorang politisi juga, tapi pada posisi sebagai Kepala Negara ya tentu harus meletakkan pada posisi netral,” kata Mardiono.

(prc/ezr)

No more pages