Logo Bloomberg Technoz

HUT 78 RI, Patroli Penjaga Laut Lakukan Penyelamatan Beruntun

Ezra Sihite
17 August 2023 13:25

Penyelamatan kecelakaan kapal (dok Kemenhub)
Penyelamatan kecelakaan kapal (dok Kemenhub)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) ke-78 RI meningkatkan aksi cepat menangani musibah yang terjadi di laut dengan melakukan kegiatan pertolongan dan penyelamatan.

Dalam rangka untuk mewujudkan hal tersebut, Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengerahkan Kapal Patroli KPLP KN.Kujang-P.201 dan KN.Damaru-P.214 pada Selasa (15/8/2023) yang mengevakuasi dan menyelamatkan dua kapal yang mengalami musibah di perairan Indonesia.

Direktur KPLP, Rivolindo mengungkapkan bahwa kapal patroli KPLP KN.Kujang-P.201 yang beroperasi berhasil menyelamatkan kapal TB. Martha Glory yang menggandeng tongkang TK. Sentana Indah yang mengalami kebocoran di perairan Bojonegara Banten pada Selasa 15/8/2023 ukul 08.14 WIB.

"Kapal mengalami kebocoran pada tongkang yang membawa muatan batu bara yang mengakibatkan ruang tongkang miring dan hampir tenggelam," kata Rivolindo sebagaimana keterangan resmi yang dikutip pada Kamis (17/8/2023).

Diketahui kapal tersebut berlayar dari Labuh Karang Palembang tujuan Bojonegara Banten dengan Nakhoda Raji'un dan ABK 11 orang dengan muatan batu bara.